Minggu, 28 April 2013

PROFIL SMKN 11 MALANG

Sejarah Singkat SMK Negeri 11 Malang

SMK Negeri 11 Malang didirikan tahun 2007 sebagai alih fungsi dari SMA Negeri 11 Malang berdasarkan Surat Keputusan Pendirian No 45 tanggal 1 Mei 2007 dan Nomor Statistik Sekolah 321056105027. SMK Negeri 11 Malang beralamat di Jalan Plabuhan Bakahuni No 1 Kelurahan Bakalan Krajan Kecamatan Sukun Kota Malang Kode Pos 65148 Telp 0341-836330 Fax 0341-837271, dengan Ibu Dra. Aksihari, M.Pd sebagai Kepala Sekolah Pertama. Secara resmi tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai Hari Ulang Tahun SMK Negeri 11 Malang. Program alih fungsi ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Malang untuk merealisasi program kemendiknas tentang ratio perbandingan antara SMK dan SMA 70:30
Pada tahun pelajaran 2007-2008 komposisi siswa SMK Negeri 11 Malang hanya terdiri atas empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 154 siswa yang terbagi atas 3 (tiga) program keahlian yaitu Multimedia (dua kelas dengan jumlah siswa 80), RPL (satu kelas dengan jumlah siswa 27), dan Teknik Otomotif (satu kelas dengan jumlah siswa 47). Sedangkan untuk kelas XI dan XII merupakan siswa SMA Negeri 11 Malang dengan jumlah 8 (delapan kelas) yang terdiri atas 3 (tiga) jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa.
Dalam pelaksanaannya, pembelajaran dan sarana praktek untuk siswa SMK Negeri 11 Malang masih sangat minim. Laboratorium program keahlian TI (Multimedia dan RPL) masing-masing hanya mempunyai 20 komputer dengan spesifikasi sedang. Sementara untuk peralatan program keahlian Mekanik Otomotif tidak ada sama sekali sehingga pihak komite mengusahakan peralatan tersebut dengan cara pengadaan sendiri dan meminta bantuan dari pemerintah. Pada pertengahan tahun pelajaran 2007-2008 sarana praktek sudah bisa dicukupi meskipun dengan spesifikasi rendah dan jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah siswa.
Tahun 2008-2009 kepercayaan masyarakat akan keberadaan SMK Negeri 11 Malang mulai menampakkan hasil yaitu dengan besarnya jumlah pendaftar yang mencapai 500 siswa. Pada tahun pelajaran ini, program keahlian yang dibuka juga dikembangkan yaitu dengan dibukanya program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dan Animasi, sehingga rombongan belajar dan jumlah siswa meningkat dari 4 kelas menjadi 10 kelas dengan jumlah siswa 420.
Peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 11 Malang semakin diperhitungkan oleh masyarakat setelah SMK ini ditetapkan sebagai salah satu SMK Aliansi dari SMK Model yaitu SMK Negeri 4 Malang. Hal ini membawa dampak positif bagi sekolah baik dalam peningkatan sarana maupun Sumber Daya Manusia yang ada.
Desember 2008, terjadi pergantian kepemimpinan karena Ibu Aksihari diangkat sebagai Kepala SMK Negeri 3 Malang, dan sebagai penggantinya adalah Bapak Drs. Hari Mulyono, MT. Dibawah kepemimpinan beliaulah “wajah” SMK Negeri 11 Malang benar-benar bernuasa SMK. Hal ini ditandai dengan adanya perombakan-perombakan dalam system manajemen dan proses pembelajaran. Upaya-upaya yang beliau lakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan SMK Negeri 11 Malang tidak hanya berupa peningkatan sarana-prasarana, tetapi juga bangunan kelas baru, penataan lingkungan, dan peningkatan SDM baik Guru maupun karyawan.
Pada tahun pelajaran 2011-2012, jumlah peminat yang mendaftar di SMK Negeri 11 Malang pada saat PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) mencapai 900 siswa. Setelah diadakan proses penjaringan melalui jalur mandiri dan on line maka siswa yang diterima sebanyak 530 siswa yang terbagi atas 14 (empat belas) rombongan belajar dari 7 (tujuh ) Kompetensi keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, Animasi dan Keperawatan.

Motto

SMK ADEM yaitu SMK Negeri 11 Malang yang

berAkhlak Mulia, berDedikasi tinggi, berEmpati, dan Mandiri.

Visi

Terwujudnya sekolah yang kompetitif dan mampu memberikan pelayanan yang   prima pada warga sekolah dan masyarakat, menghasilkan tamatan yang berahlak mulia, berdedikasi, berempati, dan mandiri.

Misi

  1. Meningkatkan Profesionalisme sebagai Lembaga Pelayanan Pendidikan yang terakreditasi;
  2. Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan dengan menerapkan sistem menejemen mutu;
  3. Meningkatkan pelayanan pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki Akhlak mulia, berdedikasi yang tinggi, empati terhadap lingkungan sekitarnya, dan mandiri dengan mengembangkan jiwa kewirausahaan
  4. Mengembangkan Potensi Lokal menjadi Keunggulan Alternatif Komparatif;
  5. Mengembangkan Kerjasama dengan Industri, Perguruan Tinggi, dan berbagai lembaga lain yang terkait;
Periode Kepengurusan Kepala Sekolah

Struktur Organisasi

3 komentar: